Monday, June 16, 2014

Pengalaman Menggunakan Rangkaian Produk Jerawat dari Sariayu :)

Posted by Meilinda Ayu Triani at 3:32 PM
JERAWAT!Siapa yang sudah akrab dan tidak asing lagi dengan dengan kata itu?, sebelum kita mengklaim atas apa yang terjadi pada kulit wajah kita, ada baiknya kenalan dulu yuk sama jenis kulit yang kita miliki. Aku sebenernya juga belum terlalu paham sama jenis kulitku, dibilang berminyak?enggak, dibilang kering juga biasa-biasa aja kok tapi kenapa malah timbul jerawat begini?banyak jawaban atas pertanyaanku barusan, sebelum itu akan aku jelaskan sedikit mengenai berbagai macam jenis kulit. Bersumber dari Sariayu Martha Tilaar A guide To healthy Beauty Skin yang aku dapatkan, jenis-jenis  kulit terbagi menjadi 5 tipe yaitu :


1. Normal
   Ciri dari kulit normal itu adalah terdapat tekstur yang halus, lembut  dan kenyal serta pori-porin yang rapat 
   pada wajah kita.

   Masalah yang biasa timbul : Kadang menjadi cenderung berminyak/kering.

2. Kering
   Cirinya adalah wajah kita terlihat kusam, kaku, kasar dan terkadang timbul kerutan.

  Masalah yang biasa timbul : Mudah terjadi kerutan dini, permukaan kulit nampak tidak segar,    penggunaan makeup sulit menempel serta kurangnya elastisitas kulit.

3. Berminyak
   Cirinya adalah wajah kita bertekstur tebal, pori-pori tampak besar dan mengkilap sehingga rentan timbul
   jerawat.

Masalah yang biasa timbul : Makeup mudah luntur, timbulnya jerawat, komedo, dan permukaan kulit wajah mudah kotor.

4. Kombinasi
   Cirinya adalah kombinasi berminya di area  t-zone ( dahi, hidung dan dagu) dan kering atau normal di-
   bagian lain.

Masalah yang biasa timbul : Makeup mudah luntur dan timbul jerawat di area T.

5. Sensitif
   Cirinya adalah sangat peka terhadap kosmetik, lingkungan dan makanan

Masalah yang biasa timbul : Mudah terjadi iritasi terhadap kulit.


So, pretty ladies jenis kulit wajahmu termasuk kedalam jenis kulit yang mana?setelah aku perhatikan dengan seksama, ternyata kulit wajahku sendiri masuk ke tipe kulit normal yang kadang cenderung berminyak atau kering. setelah kalian tau bagaimana jenis kulit yang kalian miliki, maka kalian akan tau bagaimana cara merawat kulit wajah kalian bukan?hehe. Beberapa bulan waktu yang lalu aku ikutan kuis yang diadakan oleh Sariayu Martha Tilaar dengan menceritakan bagaimana kondisi kulit wajahku, masalah yang ditimbulkan dan bagaimana cara aku mengatasinya, Alhamdulillah tulisanku akhirnya menang dan mendapatkan paket hadiah Koper Beauty dengan isi produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi wajahku saat ini. Aku sebenarnya sudah lama menggunkan rangkaian produk jerawat dari Sariayu, tetapi produk yang kupunya hanya beberapa saja dan sekarang aku dikasih kesempatan untuk mencoba rangkaian produk jerawat sariayu yang super lengkap, senangnyaaaaa aku! dan aku ingin berbagi dengan kalian pretty ladies bagaimana cara aku menggunakannya. Semoga membantu ya bagi kalian yang mempunyai masalah yang sama denganku. Here we go.....!






Sabtu siang ada kiriman paket dengan packing kayu yang sampai dirumahku, aku begitu antusias kepengen tau apa itu isinya haha. Setelah si kayu pembungkus dibongkar maka terlihatlah koper kecil yang (sepertinya terbuat dari karton tebal) yang dilapisi dengan kertas plastik berwarna hijau. Yuhuuuuu kopernya cantik dan bisa kupakai sebagai beauty case (tinggal dikasih penyekat bagian dalamnya) senangnyaaah haha. Itu baru bungkusnya loh ya belum bagian dalamnya (isinya). warna "lime green" nya aku suka, kesannya fresh n chic ;). Coba kita lihat ada apa didalamnya.




Wow rangkaian produk jerawat yang aku dapatkan sepertinya lengkap sekali, begitu melihat isi koper beauty yang full hehe. Si kopernya punya kuncian dan pegangan untuk mempermudah dibawa/digenggam. Oke kita review satu persatu yuuuk...





Yang pertama aku lihat yaitu ada Sariayu Martha Tilaar A Guide To Health Beauty Skin yang isinya adalah bagaimana cara merawat kulit, mengenal jenis kulit dan produk apa saja yang cocok (very useful). Tulisannku diatas  mengenai cara mengenal jenis kulit aku dapatnya dari sini, selain itu ada surat balasan dari jawaban yang aku kirimkan waktu itu hihi, bacanya berasa kaya baca surat cinta deh ahahaha seneng banget deh ikutan kuisnya, apalagi kalau sewaktu-waktu hadiahnya adalah beasiswa sekolah di Puspita Martha *ngelunjak wkwkwk tapi sueeeer pengen banget deh sekolah disana hihi.




Masker jerawat dan masker kacang hijau, kalau untuk masker jerawat aku udah pernah coba sih sebelumnya tapi kalau masker kacang hijau aku belum perna mencoba sama sekali. masker jerawat diperuntukan untuk merawat kulit yang sedang berjerawat, didalamnya mengandung pegagan dan jeruk nipis yang dapat membantu merawat dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah, sedangkan si masker kacang hijau bermanfaat untuk merawat kekencangan kulit yang diperkaya dengan ekstrak pegagan dan allantoin yang membantu regenerasi kulit.

*Allantoin : Senyawa kimia yang bersifat alami, dapat ditemukan pada hewan, tumbuhan, dan bakteri.





Dua produk yang tidak terpisahkan hehe yaitu facial mask dan facial scrub, sebelum menggunakan masker aku biasanya menggunakan facial scrub dulu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bertumpuk di wajah (kalau dibiarkan bisa mengendap dan jadi pemicu jerawat) dan berfungsi juga untuk mengecilkan pori. cara pemakaiannya mudah cukup dioleskan dan diurut secara perlahan-lahan pada wajah dan leher, penggunaannya cukup seminggu sekali. Facial mask berfungsi untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit serta membantu mengecilkan pori-pori. cara pemakaiannya cukup oleskan merata pada wajah dan biarkan hingga 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Fungsi mencuci wajah dengan air hangat : Dapat membantu merevitalisasi, melembapkan serta memberikan oksigen kepada kulit (sumber : artikelinformasi.com)




Yup!keduanya adalah satu jerawat, yang satu berupa facial foam dan satunya lagi adalah berupa sabun batangan dan dua-duanya diperuntukan untuk kulit yang sedang berjerawat. aku memakai facial foam dulu sampai habis nanti, baru menggunakan si acne care soapnya. kedua-duanya memiliki kandungan pegagan, untuk facial foam diperkaya dengan pegagan dan cananga oil, sedangkan acne care soap diperkaya dengan pegagan dan sirih. untuk facial foamnya sendiri tidak terlalu banyak mengandung busa ( aku pernah baca artikel kalau sedang berjerawat sebisa mungkin hindari dari pemakaian busa berlebih) untunglah sabun ini gak terlalu banyak mengandung busa hehe.

Kegunaan pegagan untuk wajah : meregenerasi sel kulit dan merangsang pengeluaran kolagen, berguna sebagai anti infeksi dan anti oksidan (sumber : vemale.com)


  


well, ketiganya adalah andalan sehari-hariku dalam memerangi jerawat! aku sudah beberapa kali repurchase produk ini. Krem masker jerawat dengan ekstrak pegagan membantu mengurangi jerawat dan mengurangi kelebihan minyak. cara pemakaiannya sama seperti masker lainnya, tunggu kira-kira 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. teksturnya seperti krim dan agak sedikit cair (tidak kental seperti masker biasa) warnanyapun putih kegadingan seperti warna lotion jerawat. Lotion jerawat dengan kandungan belerang halus dan pegagan, seperti yang sudah diketahui fungsi belerang bagi kulit berjerawat adalah untuk membunuh kuman dan bakteri, lotion tersebut cukup ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Intensive Acne care, sama seperti lotion jerawat baik kandungan maupun cara pemakaiannya, hanya saja ini diperuntukkan untuk jerawat yang sedang meradang. Sensasi yang dirasakan ketika aku memakai kedua produk tersebut adalah dingin seperti ada mentholnya dan sedikit panas seperti menggunakan balsem, tapi itu efeknya gak lama karena setelah itu wajahku terasa nyaman. Cara menggunakannya adalah ketika malam hari wajah sudah dicuci bersih, totol-totolkan produk ini dengan cara menggunakan kapas/cotton bud di area berjerawat dan biarkan semalaman dan biasanya keesokan harinya jerawatku akan sedikit-sedikit mengering.




Pembersih dan penyegar jeruk untuk kulit normal berminyak, ekstrak jeruk nipisnya membantu mengurangi kelebihan minyak dan kilau pada wajah ( kalau kilaunya glowing bak artis korea sih oke banget ya, tapi kalau kilaunya disebabkan oleh kebanyakan minyak dan lagi-lagi memicu munculnya jerawat BIG NO banget hehe) selain jeruk nipis ada kandungan peppermint oil yang bekerja sebagai refreshing aromatic, efeknya tentu aja berasa dingin-dingin gitu diwajah hehe. Oh iya mulai sekarang aku membiasakan diri mencuci tangan dulu kalau akan membersihkan/ sekedar memegang wajahku karena tangan itu adalah sumber bakteri, maka sebelum membersihkan wajah ada baiknya cuci tangan dulu supaya bakteri yang menempel ditangan gak ikut-ikutan menempel diwajah kita. Untuk mencuci wajah aku juga menggunakan metode 424, apa itu?hehe 4 menit membersihkan wajah dengan pembersih , 2 menit memijat wajah dengan foam cleanser dan sisa 4 menit adalah membilas dengan air. cara tersebut aku dapatkan dari acara Get it Beauty dimana Suzy MissA yang mengungkapkan cara membersihkan wajahnya seperti itu ( biasa, keracunan kpop wkwk) tapi itu berguna banget dan beberapa temen-temen beauty blogger lainnya juga menggunakan cara itu dan membuktikan sendiri hasilnya ;).





Mujisat mata kejora, jujur aku baru nyobain kali ini loh si mujisat mata kejora ini karena sebelumnya aku kurang tau apa manfaat dan cara menggunakannya. fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan mata serta membantu mengangkat kotoran dari sisa-sisa makeup yang terdapat di area mata, cara penggunaannya adalah dengan cara dioleskan di area sekitar mata sambil dipijit-pijit secara perlahan (mata yang lelah juga jadi enakan setelah dipijit-pijit) dan aliran darah juga menjadi lancar, setelah itu barulah bersihkan dengan kapas.


* Fungsi Kenanga Oil : Salah satu aromatherapi yang dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman, fungsi dari aromatherapi itu sendiri untuk mempercepat proses peremajaan kulit melalui minyak yang meresap kedalam kulit, sehingga meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat anti bakteri, menetralisir ketegangan, mengurangi stress dan memberikan kenyamanan (relaxing) melalui aroma yang terhirup. (sumber marthatilaar.com)





Akibat  berjerawat  menjadikan kulit wajah kita terlihat sedikit kusam dan rasanya kurang PD apabila ingin bepergian keluar rumah, selama berjerawat sebisa mungkin harus kita hindari pemakaian bedak padat, krim pencerah wajah, dan pemakaian kosmetik yang berlebihan karena hal-hal tersebut bisa memacu munculnya jerawat yang lebih parah lagi akibat tersumbatnya pori-pori. Jujur saja aku amat sangat tidak PD kalau harus keluar rumah tanpa bedakan, apalagi dengan jerawat yang sedang banyak-banyaknya, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan bedak tabur yang diformulasikan khusus untuk wajah berjerawat, kandungan yang terdapat pada sariayu bedak jerawat ini adalah triclosan dan peppermint oil, triclosan berperan sebagai anti bakteri serta peppermint membantu memberikan kesegaran dan berfungsi sebagai tabir surya. Well mungkin hasilnya tidak akan semulus menggunakan foundie, concealer serta bedak padat tapi percaya deh kalian lebih sayang kulit yang terlihat perfect tetapi sewaktu-waktu ancaman jerawat yang meradang datang atau tampilan biasa-biasa yang sebenarnya membantu merawat kulit kita dari jerawat girls?hehe pilihan ada ditangan kalian yaa ;). Krem urut wajah ini berfungsi untuk meregenerasi kulit, melancarkan peredaran darah dan memberikan relaksasi pada wajah, cara pemakaiannya cukup oleskan tipis-tipis pada wajah sambil diurut perlahan-laha setiap malam, setelah itu bilas kembali dengan air hangat.



Untuk merawat kulit lebih baik tidak hanya dari luar, tetapi dari dalam juga. Ada yang setuju dengan statement ku?hehe aku rutin meminum kaplet jerawat ini sehari 2x pada pagi hari dan malam, kalian tidak usah khawatir dengan produk tersebut karena dia bersifat jamu yang terbuat dari bahan-bahan yang alami. apa manfaat yang aku rasakan? setelah meminum ini BAB (maaf) ku lancar hehe gak tau kenapa ya?haha. Pelembap jeruk ini aku gunakan dipagi hari sebelum memulai aktivitas/keluar rumah, kulit wajah kita perlu pelembap dan lagi dengan kandungan jeruknya (lagi-lagi) membantu mengurangi kelebihan minyak dan berfungsi sebagai tabir surya.

Well, postinganku kali ini cukup panjang ya?haha namanya juga curhat dan berbagi pengalaman, karena merawat kulit itu gak ada yang instan (mie instan juga ada prosesnya dulu, kudu direbus dll haha lol ) apalagi kulit wajah kita?harus telaten, sabar dan gak cepet puas. Bagi kalian yang ingin membeli produknya bisa dibeli di online shop resminya disini Marthatilaar shop. Setelah tadi kita kenalan dengan produknya, sekarang aku akan menjelaskan cara merawat kulit berjerawat versi aku. merawat kulit berjerawat ini aku bagi kedalam dua kelompok, yaitu perawatan harian yang terdiri dari siang dan malam dengan perawatan mingguan yang cukup dilakukan selama seminggu sekali.Yuk dimulai dari perawatan harian..







Aku ringkas menjadi satu gambar yaitu perawatan ketika akan mulai beraktivitas (pagi/siang) dengan perawatan setelah beraktivitas (malam). Kalian bisa lihat dan baca langkah-langkah yang aku lakukan. bagaimana dengan perawatan mingguanku/oke, baiklah akan aku perlihatkan juga step by setepnya...






Meskipun jerawatku kecil-kecil ukurannya, tetapi menyebar dibeberapa tempat dan gak kalah bete sama jerawat gede-gede tapi konsisten diem disatu spot hehe keduanya sama-sama meresahkan sama-sama menyebalkan dan sama-sama bikin emosi -_-. Berikut ini adalah detail jerawat yang sedang melanda wajahku :'(..




Ih lucuuu banget deh pengen ngempesin (baca: miris) hahaha yaaah mau bagaimana lagi pretty ladies...syukuri aja apa yang kita punya dengan cara merawatnya supaya bisa jadi lebih baik lagi. Untuk sementara waktu pensiun dulu deh dari yang namanya foundie, concealer, bedak padat dan teman-temanya (kecuali untuk buat makeup tutorial yang hanya sesekali okelah hihi). Aku juga mulai banyakin minum air putih dan itu manjuuur banget dan manjur pula besernya hahahaha lol :p gak apa-apa deh itung-itung buang racun yang ada didalam tubuh ;). Oke sekian dulu curhatan nan panjang dariku ini pretty ladies, semoga membantu, bermanfaat dan doakan juga agar jerawatku lekas minggat dari wajah ini hehe dan..... tentunya terimakasih kepada Sariayu Martha Tilaar yang sudah memberiku hadiah yang Alhamdulillah sangat bermanfaat dan akan aku pakai sampai produknya habis hihi.



*Disclaimer : Aku memenangkan rangkaian produk tersebut dari kuis yang diadakan oleh sariayu dan aku murni hanya ingin berbagi pengalaman kepada kalian semua tanpa adanya suatu paksaan, dan pendapat-pendapat yang aku kemukakanpun juga murni opini dariku sendiri setelah menggunakan produk tersebut.


Merci,





5 comments on "Pengalaman Menggunakan Rangkaian Produk Jerawat dari Sariayu :)"

bila said...

kakkkk itu beli paket sari ayu berapaan ya?belinya dimana?makasih

Meilinda Ayu Triani on November 13, 2014 at 8:59 AM said...

hai bila...kayaknya kalo sepaket gitu mungkin gak dijual hehe, so kudu beli satu2, aku dapet dari sariayu nya bil ;)

suhailah hamid on July 7, 2015 at 8:24 AM said...

Sue dulu pernah juga kulit jerawat. Selepas berkahwin jerawat sudah hilang. Produk ni famous juga ye, pernah nampak dijual di toko jamu :)

Anonymous said...

Kalo buat remaja boleh gak ya?? soalnya mukaku berjerawat ngilfeelin banget gitu -__-"

Yuli Sulistiawati on June 17, 2016 at 8:57 AM said...

Terus kak, terbukti sembuh gak jerawatnya. Nyesel banget rasanya dulu pernah ganti ke produk lain dan akhirnya malah bikin jerawatan. Padahal dulu udah bagus2 kulit wajah karna pake sariayu putih langsat-_-

 

thefemmesbeaute Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez