Tuesday, February 25, 2014

Aline's Diary : Pengalaman Pertama Berkunjung ke Baitullah Part 4 (FINAL)

Posted by Meilinda Ayu Triani at 4:01 PM
Akhirnyaaa bisa posting lagi, dan ini merupakan postingan final tentang pengalamanku berkunjung ke baitullah kemarin ;)  disini aku bakalan ceritain hari-hari berikutnya selama di Mekah dan selama perjalanan pulang ke Indonesia. Sebenarnya benci ekeu nulis beginian apalagi judulnya udah final final-an begitu yang artinya yo wess abis ini gak ada lanjutannya lagi hehe (semacam kebanyakan nonton drama korean yang kalo episodenya udah mau abis suka gak rela gitu) perumpamaannya terlalu ngaco ini -_-. Maap-maap jikalau ceritanya tidak berurutan sesuai dengan rute perjalananku hehe :p Oke cuss deh langsung ya aku lanjutin ceritanya ya...

# Jabal Tsur

Begitu masuk area ini, kita semua dapat beberapa gambaran mengenai "Jabal Tsur" ini dari guide travel, jadi tempat ini adalah tempat dimana Rasull diselamatkan oleh Allah SWT dari kejaran kaum Quraisy, bisa dibayangkan pada saat itu suasananya kelam banget, begitu susahnya agama Allah ditegakkan. Untuk lebih jelasnya bisa googling ya hehe (bukan malas nyeritain tapi ingetanku ampun-ampunan deh super duper lemah hehe) mungkin ya ini mungkin saking terpesonanya sama tempat itu jadi aku gak konsen dengerin orang travel berkoar-koar dengan semangatnya nyeritain sejarah tempat ini hehe peace ya! (nyengir kuda :p). Seperti yang bisa dilihat disini ada banyak gunung or bukit berbatu-batu....





Kenapa daku gak ngeksis?karena selama disini jadi tukang foto keliling alias dimintain ibu-ibu dan bapa-bapa tolong fotoin mereka, begitu juga dengan adikku kita bernasib sama...-_- yasudahlah asalkan foto "Jabal Tsur" nya ada hehe..Disini juga cukup banyak debu dari pasir yang beterbangan so kudu banget pakai masker tapi kayanya kelupaan pake deh malah yang lebih penting itu kacamata hitam soalnya silauuuu banget deh disana.


# Jabal Rahmah


Jabal Rahmah ini dikenal sebagai tempat yang paling romantis hehe kenapa?Jadi dahulu kala ketika Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi oleh Allah SWT mereka berdua diturunkan terpisah dan mereka sebelumnya telah berjanji untuk bertemu kembali nah tempat bertemunya ini adalah di Jabal Rahmah. Kata rahmah sendiri berarti kasih sayang, dibagian paling atas atau dipuncaknya terdapat tugu yang dipercaya itu tempat mereka pertama kali bertemu setelah sekian lama dipisahkan (so sweet deh hihi) percaya atau enggak tinggi Nabi Adam itu sekitar 60 meter, hah?gak salah?itu juga reaksi pertamaku pas diberitahu oleh pembimbing, jadi nanti ketika manusia dikumpulkan oleh Allah di akhirat tinggi badan kitapun akan dikembalikan lagi seperti semula yaitu sekitar 60 meter so hey buat yang ngerasa bangga sama tinggi badannya (soalnya ekeu pendek dan sering banget diintimidasi hahaha kidding deng :p) jangan pada sombong yee ntar di akhirat kelak tinggi badan kita semua sama dihadapan Allah hehe..selain itu juga nanti kelak di akhirat itu gak bakalan ada yang namanya nenek-nenek atau kakek-kakek loh kenapa?nenek-nenek sama kakek-kakek gak boleh masuk surga nih?tenang..tenang bukan gitu sebagaimana tinggi badan maka usia kitapun akan dikembalikan muda oleh Allah SWT yaitu sekitar umur 17 tahunan..





Kalo gak inget pakai rok kayaknya aku udah manjat dan nyampe diatas deh, duh jadi gak bisa kepuncaknya dan ngedeketin tugunya huhu, baru mau manjat batunya dua apa tiga batu udah disuruh turun sama mamah haduuuuh...akhirnya cuman sampai disitu aja deh, nah ada budaya yang sebenernya kurang tepat ketika kita sedang berada di Jabal Rahmah yaitu tradisi berdoa minta jodoh menghadap tugu, itu salah banget karena bisa mengisyaratkan kemusyrikan, so gimana dong?aku dikasih tau sama pak ustad katanya kalau kita berdoa harus berlawanan arah dari tugu tersebut alias membelakangi dan menghadap kiblat/ka'bah dan berdoalah minta ke Allah SWT. Doanya apa?rahasia dong hahahaha doa titipan temen-temen sama sodara-sodara juga isnyaallah udah aku sampaikan :) semoga diijabah ya amiiiin. Disini sempet-sempetnya minta jodoh kayak lee dong wook hahaha langsung dikeplak si mamah.

Masih dilingkungan Jabal Rahmah nih tepatnya dibagian depan deket pintu masuk ada sebuah pohon yang diberi nama "Pohon Soekarno" wah?nama Presiden pertama kita disebut-sebut nih keren banget deh hehe (kegirangan sampe lupa ini di negara orang haha) jadi katanya dulu Presiden Soekarno dan beberapa pemimpin atau pemerintahan negara lain pernah dapat undangan oleh raja apa pemerintah Arab Saudi ya?untuk berkunjung dan menanam pohon disini tetapi satu-satunya pohon yang tumbuh yaitu pohon yang ditanam oleh Presiden Soekarno, Subhanallah.....ini dia "Pohon Soekarno" tersebut...






# Perbatasan Tanah Haram dan Bukan Tanah Haram

Ini nih yang paling menarik perhatianku, kenapa? jadi ada sebuah tempat yang merupakan sebuah perbatasan antara tanah haram dan bukan tanah haram, Allah SWT telah mensucikan kawasan tanah haram sampai nanti datangnya hari kiamat, pertama Allah menyuruh malaikat Jibril untuk memberitahu Nabi Ibrahim mengenai batas-batas tanah Haram dan menandainya dengan menancapkan batu lama kelamaan tanda tersebut berganti menjadi sebuah kira-kira seperti gate, Kelak nanti di hari kiamat dajal akan muncul ditempat ini dan membawa orang-orang munafik (naudzubillahi min dzalik) ini yang sempat aku foto jalan disekitar perbatasannya...


 

# Gunung Uhud

Gunung Uhud adalah suatu tempat dimana terjadinya perang uhud, yaitu perang antara kaum muslim dengan kaum kafir Quraisy, pembimbing travel juga bercerita katanya dulu Rasulullah SAW ditawari oleh Allah SWT untuk mengubah gunung uhud menjadi emas, tapi apa jawaban dari Baginda Rasul? Beliau dengan bijaknya mengatakan bahwa selamatkanlah kelak kaumku..bisa dibayangkan kalau jaman sekarang terjadi ada sebuah penawaran yang bilang gunung bisa dirubah dengan emas maka orang-orang kayaknya bakal lebih milih emas daripada nyelametin sodara-sodaranya (wallahualam..) merinding denger ceritanya..ini dia Gunung Uhud...



Itu gunungnya ada dibelakang, jangan fokus ngeliatin orang-orangnya ya hahahaha tetep eksis deh ya, kali ini gantian sekeluarga pengen foto jadi minta tolong sama pak ustad buat fotoin (gak sopan wkwkwk).


# Mesjid Pohon

Sebenernya mungkin kata "pohon" nya pakai bahasa Arab tapi aku gatau bahasa Arabnya pohon apaan hehe maap-maap yaa mungkin ada yang tau bisa dibantu ;) jadi Dahulu kala ketika Rasul sedang beristirahat disuatu tempat, tidak jauh dari sana ada sebuah pohon besar. Pohon besar tersebut melihat Rasul sedanng beristirahat lalu apa yang dilakukannya?Dia tiba-tiba bergerak (bahkan akarnya ikut keluar) dan berjalan menuju Rasul sambil berkata " Ya Rasul izinkan hamba untuk meneduhimu dari panasnya sengatan matahari" kemudian Rasul tersenyum, setelah itu Rasul tertidur dibawah rindangnya pohon tersebut. Setelah selesai pohon itu dipersilahkan kembali ketempat asalnya oleh Rasul dan saat ini dikenal dengan sebutan mesjid pohon. Subhanallah...:')





# Mesjid Jin

Serem gak begitu denger nama mesjidnya?hehe sama akupun sempet kaget banget, ceritanya begini dahulu Rasul pernah meng-islamkan beberapa jin disana, Para jin tersebut masuk islam setelah mendengarkan Rasulullah melantunkan ayat suci Al-quran subhanallah....Cerita bermula ketika Rasul sedang melantunkan ayat suci Al-quran ketika itu rombongan jin tak sengaja lewat dan tertarik dengan lantunan ayat suci Al-quran yang dikumandangkan Rasul dan mereka berdialog hingga akhirnya Rasul mengislamkan mereka. Sayang banget gak aku gak sempat foto mesjidnya huhu soalnya saking antusiasnya dengerin yang cerita sambil mandangin si mesjidnya -_- jadi bisa dicari di google aja yaa...


 # Mesjid Qisos

 Begitu lewat mesjid ini (kita gak masuk cuman keliling aja lewat parkirannya) kata apa yang aku ucapkan dalam hati?SEREEEEM hiiiii...karena mesjid ini adalah tempat dimana hukum qisos dilaksanakan alias tempat eksekusi untuk para penjahat dengan cara apa?dipenggal kepalanya oleh seseorang yang ditunjuk dengan didampingi algojo. Hukum Islam di Arab Saudi ini masih dilaksanakan sebagaimana mestinya. Biasanya apabila akan ada orang yang di qisos maka imam mesjid akan memberitahu kepada para jamaah mesjid dan pelaksanaan qisos akan dilakukan dihadapan orang-orang tersebut. tentu aja yang mengeksekusi adalah orang-orang plihan dan tidak sembarangan, mereka terlatih dengan mental yang benar-benar kuat. Aku ngebayanginnya aja udah bergidik ngeri Masyaallah...apalagi kalau hukum tersebut diterapkan di negeri sendiri aduh gak sanggup ngebayanginnya deh beneran deh mendingan jadi orang baik aja ya jangan kebanyakan macamnya, ini aja hukuman didunia udah segitu ngeri apalagi di akhirat nanti aduuuuh (kayak diri sendiri udah paling bener aja hehe). aduh fotonya ngilang nih mesti dicari lagi payaaaah -_-


# Kebun Kurma


Penuh kurma dan coklat disini aaaah...dikompleks kebun kurma ini banyak dijual berbagai jenis kurma mulai dari kurma nabi dan lain-lain, juga banyak penjual coklat (ini yang paling demen) disini banyak kata "hallal" haha loh emang kenapa?jadi kita bisa nyicipin berbagai macam kurma dan coklat, biasanya mereka kalau bilang "hallal" itu artinya kita diperbolehkan untuk nyicipin hehe aku ngambil coklat dong mumpung boleh wkwk jenis coklatnya sih sama aja kayak yang dijual di madinah.





#Laut Merah

Saat akan pulang dan menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah kita sempatkan mampir dulu ke laut merah untuk lihat-lihat dan sekedar foto-foto (mana boleh dan sempat berenang) katanya laut merah kok warnanya gak merah?itu persis yang aku ucap ketika ketempat ini, begitu dikasih tau katanya warnanya bakal merah itu disaat-saat tertentu dan pada malam hari, ooooh begitu...





Oh iya kalian pengen tau tempat tinggalnya raja ada dimana?jangan shock yee ekspresinya ntar biasa aja (so cool padahal ndeso ekeu haha) nih aku kasih liat tempatnya..



Itu diatas gunung, what?rumahnya segunung itu deh kayaknya ckckck terus aksesnya gimana?naik helikopter gitu?kayaknya iya deh soalnya pernah pas lewat jabal magnet ada kecelakaan mobil terus korbannya dijemput langsung pakai helikopter n ambulans juga padahal ada loh disana ckckck saking kayanya negara itu kereeen...nih gambar helikopter yang ngejemputnya (kalau aku fotoin korbannya malah gak etis banget dan kayak gak punya sopan santun) jadi ini si helikopternya..



Sebelumnya sempet suudzon eh itu ada kecelakaan kok digeletakin gitu aja ya mana ini gak ada yang dateng nolongin dari tim medis ato apa gitu eh gak berapa lama nguiiing dateng si helikopter dan ambulans lah kereeeen! Seperti yang udah aku ceritain di area ini rawan kecelakaan, so kudu hati-hati.

# Kawasan Belanja Corniche Jeddah

Ini tempat belanja terakhir yang kita kunjungi sebelum menuju bandara King Abdul Aziz, disini aku cuma mampir ke toko "Ali Murah" buat nganterin adikku beli coklat kerikil kalau aku koper+tas jinjing+tas tambahan wes penuh gak bersisa untuk muatan lagi huhu itupun sebagian udah diselipin ke koper ayahku (nebeng barang bawaan haha) dan duit real udah ludes des des wkwk (maapkan aku ayahku disanapun masih merengek-rengek kayak anak kecil minta dibeliin ini dan itu hehe) dan ada yang unik yaitu ada tukang baso loh disana, namanya "Baso Mang Udin" seporsi dibandrol 15 real ato sekitar kurang lebih ya 60ribu weys baso aja kalo diluar negeri naik pangkat hehe keren deh si Mang Udin asal Garut ini bisa bawa baso sampe Arab Saudi ;).

# Museum Holly Mosque Masjidil Haram & Masjid Al-Nabawi

Ini yang disebut keberuntungan hehe kenapa?soalnya pembimbing travel bilang dia udah 5x kesini tapi tempat ini gak diijinin untuk dimasukin dan gak dibuka tapi begitu kemarin kesana aku berkesempatan masuk ke museum ini hehe beruntung..ada apa aja disini?disini ada peninggalan sejarah tentang Masjidil Haram dan Masjid Nabawi lengkap dengan benda peninggalan dan bukti foto-foto jaman dahulu.


wiiih maketnya Masjidil Haram ini keren, ngebayangin pas jaman kuliah disuruh bikin maket 1:10 aja bangunan public space udah ampun-ampunan apalagi kalo disuruh bikin beginian hehe sumpah nambah wawasan lagi begitu dikasih kesempatan berkunjung kesini.


Yasallam lupa pakai watermark hiks, gak apa-apa deh asal fotonya bener-bener bermanfaat aja gak disalah gunain dipakai buat diakuin hak ciptanya, amiiin...terlalu bersemangat apa teledor ini ya (poor me!). Eh ada yang ketinggalan foto sama adikku pas di Madinah ( Masjid Nabawi) hehe pas si tiang-tiang yang berpayung itu payungnya lagi nutup ini dia...



Kalo aku bilang lebih bingung masuk Mesjid Nabawi karena pintu masuknya banyak jadi bingung, patokannya adalah pakai nomor wc yang ada disebelah pintu masuk supaya inget dimana tadi pas awal gerbang masuknya (FYI). Betah banget di Mesjid Nabawi dan pengen berlama-lama disana hehe..



Balik lagi ke Masjidil Haram maap yah diajak bulak-balik bikin pusing hahaha ini area mesjid lantai 2 setelah beres tawaf dan baru mau mulai Sai, seperti yang sudah diceritakan di awal pada saat umrah wajib aku dan keluarga berpisah dengan rombongan dan kita tawaf dan Sai nya dilantai atas dan kira-kira beginilah tempatnya..



Oh iya sedikit tips, disana banyak-banyakin ngucap istigfar ya soalnya apa yang kita ucap meskipun dalam hati suka gak terduga hehe contohnya aku dan mamaku lagi terlibat percakapan kita tiap hari dan tiap solat di Masjidil Haram selalu abis solat wajib pasti deh solat jenazah soalnya setiap waktu pasti ada aja yang meninggal dan aku sama mama nanya "mah tiap waktu solat jenazah mulu tapi jenazahnya mana ya kok gak ada" gak pakai nunggu berapa menit tiba-tiba tuiing tuiing didepan persis lewat orang bawa tandu jenazah (langsung pada diem dan ngucap istighfar). Udah itu aja sih pengalaman tak terduganya dan pengalaman lainnya alhamdulillah baik-baik semua gak ada "kata orang mah bakal gini atau gitu" tapi Alhamdulillah gak kok itu tergantung gimana niat dan hati kitanya hehe. Ah pokoknya inget Baitullah bikin galauuu pengen kesana lagi :p.




Itu apaan hayo?hehe semua juga tau itu orang ya :p maksudnya kebayang gak orang sebanyak itu mau kemana dan ngapain?ya itulah suasana bubaran abis solat, tiap waktu solat ya begitu berjubelnya orang hehe subhanallah coba ditiap mesjid di negara kita kayak gitu ya aaah seneng liatnya hehe btw itu yang bawa jerigen itu isinya air zam-zam loh.




Ini nih bagian paling bete giliran mau pulang, aaaah gak mau pulang huhu masih pengen disini dulu :'( Alhamdulillah dapet tempat duduk bagus deket jendela hehe jadi kalo ngelamun lumayan lah mandangin awan (boro-boro ngelamun yang ada tidur pules gegara kecapean hehe).


Oke bye bye Medina, Makkah semoga dilain waktu dapet undangan lagi dari Allah SWT untuk kesini dan tentu aja datang gak dengan tangan kosong, dateng dengan iman yang insyaallah udah lebih baik, takwa juga dan yang terpenting datang dengan seorang imam. Amiiiin ya rabb. Sekian postinganku kali ini semoga bermanfaat ya dan bisa jadi ilmu yang berkah dan menambah wawasan juga buat kita semua amiiin ;)






0 comments on "Aline's Diary : Pengalaman Pertama Berkunjung ke Baitullah Part 4 (FINAL)"

 

thefemmesbeaute Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez