Saturday, February 15, 2014

Aline's Diary : Pengalaman Pertama berkunjung ke baitullah Part 3

Posted by Meilinda Ayu Triani at 8:23 PM



Haloo haloo menyambung postingan sebelumnya tentang pengalamanku berkunjung ke baitullah, kali ini si modem udah dikasih makan alias baru aja diisi, semangat nulis langsung naik seribu persen wkwkw abisan nulis di tab itu gak enak banget deh berantakan gak leluasa huhu :'(. Kemaren aku baru mulai cerita pas nyampe madinah, itupun baru sehari soalnya kita nginep di madinah itu 3 hari.Oke langsung aja deh ini dia sambungannya, selamat membaca ya ceman-ceman semua...


# Hari Pertama di Madinah

Seperti yang udah aku ceritain sebelumnya, hari pertama rada cukup diuji nih gegara gak kebagian hotel dan terpaksa pindah hotel lain tapi Alhamdulillah gak pake nunggu lama kok hehe jadi begitu dapet kamar langsung mandi, istirahat sebentar dan makan malem. Disini pihak travel pakai jasa catering jadi makanan kita disesuaikan sama selera orang indonesia. Untuk makan malam pertama kita yaitu "nasi kebuli", kalo ditanya gimana rasanya masakan sana?jawabnya ya masakannya sih sama aja kayak kita..ada nasi juga kok tapi si ukuran si bulir nasinya agak besar dan agak keras terus bumbu-bumbu masakannya itu rada menyengat karena banyak rempah kali ya?tapi alhamdulillah nikmat-nikmat aja tuh karena emang cepet banget ngerasa laper disana hehe (bukan rakus yee tapi karena kecapean aja jadi porsi makan sama napsu makan menggila -_-). Selama tiga hari kedepan itu bagian kunjungan-kunjungan wisata dan lebih banyak ngabisin waktu untuk itikaf dimesjid nabawi, sedangkan ibadah utama kita yaitu umroh dilakukan pada hari ke 4. Jujur aja ya aku bukan termasuk orang yang rajin banget beribadah bahkan solatpun masih suka ada yang kelewat dan baca al-quran pun gak setiap hari, tapi disini aku sangat-sangat menikmati waktu ibadahku, solat wajib, solat malam, baca quran, dan ibadah-ibadah lainnya aku coba jalanin dan hasilnya?alhamdulillah aku baru pertama kali nemuin betapa nikmatnya solat malam itu, betapa enaknya badan abis terus-terusan diguyur air wudhu (karena kalau disini aku selalu punya wudhu, soalnya suka malas lagi wudhu karena letak tempat wudhunya agak lumayan jauh). Puas banget aku minum air zam-zam hehe..ini aku kasih lihat gambaran seputar masjid nabawi alias masjid nabi...




Pertama kali lihat subhanallah ya bejubel banget orang disekitarnya sampai kalo jalan kadang suka desek-desekan saking banyaknya jadi gak fokus lihat mesjidnya, begitu diamati lagi sekali gilaaa arsitektur sama interiornya keren banget, hehe (jiwa alamiah anak interior beneran dibuktiin disini hehe). Takjub ngelihat kolom-kolom sekaligus "payung-payung" yang tertata disekitar halaman mesjid nabawi, kalo malam beneran deh indah banget hehe. Hari pertama aku gak bawa kamera or hp soalnya katanya dilarang bawa benda begituan sama si askar yang jaga didepan pintu masuknya, eh gak taunya ternyata gak apa-apa loh dan dihari kedua aku langsung bawa dua benda itu buat mengabadikan interiornya hehe, foto diatas itu kebetulan adekku yang ambil karena dia bawa hp. 

# Hari kedua di Madinah

Gak beda jauh sama hari pertama, kita banyak ngabisin waktu dimesjid dan sekedar keliling-keliling sekitaran mesjid buat berburu oleh-oleh :p , yang pertama kali aku cari yaitu coklat!Pas bubaran solat isya dipelataran halaman luar masjid nabawi aku lihat banyak yang jualan dan aku nemuin penjual coklat hehe senengnya...aku beli coklat seharga 20 rial untuk 1kg padahal sebenarnya 15 rial pun bisa tapi mana aku tau harga aslinya berapa?wkwkwk yasudahlah buruanku sudah dapet sekarang tinggal cari barang lain....Ada kejadian yang menurutku aneh (karena gak ngerti) jadi gini pas kita mau solat ke mesjid nabawi kebetulan mamaku sedang berhalangan jadi gak bisa solat dan cuman ikut jalan-jalan sambil nungguin diluar mesjid aja, nah aku ikutan rombongan ibu-ibu lainnya pas abis solat tiba-tiba dari arah belakang ada yang pegang-pegang punggungku pas dilihat kebelakang ternyata ibu-ibu, kalo dari wajahnya keknya orang india deh (sok tauuu hahaha) tiba-tiba dia nyubit-nyubi pipi aku dan nyiumin aku bertubi-tubi gitu aku langsung shock!hehehe ini kenapa ya?aku cuman senyam-senyum aja karena gak ngerti dia ngomong apa dan maksudnya apa yaudah deh karena beliau orangtua akhirnya aku cium tangan aja dan kemudian kepala aku dielus-elus gitu, ibu-ibu sebelah aku bilang katanya mungkin aku mirip kali sama cucunya atau emang sebaya sama cucunya jadi ibu-ibu itu nyiumin aku (wallahualam..) ambil positifnya aja hehe dan ketika keluar mesjid mamaku juga cerita kalo tadi dia abis bantuin ibu-ibu pake kursi roda buat jalan karena penuh sesak mamaku ambil inisiatif buat nolongin ibu-ibu itu dan sesudahnya mamaku dapet ciuman dan ucapan terimakasih yang bertubi-tubi juga subhanallah....kompakan deh hehe. Waktu solat berikutnya juga gitu, disebelahku kira-kira ibu-ibu berusia 40tahunan gitu deh ngajakin ngobrol dia bilang dari turki dan dia bilang kalau orang indonesia itu nice (jadi GR ekeu haha) dan lagi-lagi kepalaku diusap-usap sambil pipiku diuwel-uwel aduh 2x nih dapet kejadian kayak gini hehe..
Bagian paling favoritku ketika bubaran solat subuh, kenapa?karena banyaaaak banget yang jualan didepan halaman mesjid nabawi dan banyaaak banget burung dara yang berterbangan saking banyaknya tanah yang aku injek itu isinya cuman makanan burung dara, subhanallah indah banget liat kawanan burung dara kesana-kemari dan alhamdulillah belum pernah kena "berliannya" (u know what i mean) hahaha aku pakai kesempatan itu buat berburu oleh-oleh dan belanja barang yang aku mau hehe ;). Waktu dihotel itu kira-kira cuman buat makan, mandi dan rebahan dikit udah gitu aku balik lagi ke mesjid (aku tidur disana cuman sekitar 3-5 jam aja dan yang paling nyebelin ketika aku ketiduran padahal udah janjian sama rombongan lain untuk pergi ke roudoh yaitu tempat makamnya nabi (kubah hijau) karena ada peraturan wanita hanya boleh berkunjung kesana waktu-waktu tertentu aja (sekitar abis isya atau tengah malam), hiks sediiiiih banget gabisa masuk kedalam dan akhirnya cuman bisa ngucap salam ke nabi lewat bagian depan pintu masuknya aja :'(.

# Hari ketiga di Madinah

Ini adalah hari terakhir kita di Madinah, hiks sediiih banget kita ngucapin salam perpisahan ke Nabi Muhammad (berdoa didepan pintu menuju roudoh) dibimbing oleh pembimbing kita (wanita dengan wanita dan laki-laki dengan laki-laki) kita ngucap salam perpisahan sambil bilang "ya rasul semoga dilain kesempatan kita bisa dikasih rejeki, umur panjang serta bisa terpanggil lagi ketempat ini untuk mengumandangkan solawat kembali kepadamu " ya begitulah kira-kira isi doanya sambil sedikit berair ini mata hehe kita pergi ketempat untuk ambil miqot (niat umrah) yaitu ke Bir Ali. Begitu sampai kita ambil air wudhu  solat dimesjid yang ada di Bir Ali, dan baca niat umrah. Ada beberapa syarat dalam melaksanakan umrah yaitu sebelum ambil niat kita mandi besar dulu, pakai wangi-wangian (parfum dll) nah setelah kita ucap niat ihram dan laki-laki menggunakan baju ihram (kalau wanita bebas aja asal pakai baju yang sopan, gak ketat dll biasanya sih kalo orang kita pakai warna putih) setelah itu kita dilarang untuk berbica kasar, menggunjing, bertengkar atau menyakiti hati oranglain dan dilarang membunuh binatang dll kecuali yang membahayakan kita. Perjalanan dari madinah sampai mekah cukup lam sekitar kurang lebih 7 jam barulah kita sampai dihotel tempat akan kita menginap selama di Mekah, setelah sampai masuk kamar, beres-beres kemudian makan malam dan langsung pergi melaksanakan umrah wajib. begitu masuk area masjidil haram rasanya deg-degan banget ini hati terus ngucap istighfar takut-takut keceletuk ngomong yang engga-engga hehe, pertama yang kita lihat adalah simbol jam terbesar didunia yang ada disekitar Masjidil Haram...


# Hari Pertama di Mekah


Dikompleks Masjidil Haram sedang ada pembangunan, jadi hotel-hotel lama banyak yang dibongkar untuk dibangun hotel-hotel baru so bisa dipastikan berdebu banget disana harus pakai masker, Umrah wajib kami berpisah dari rombongan karena kebetulan ayahku habis sakit dan beliau disarankan untuk tawaf menggunakan kursi roda yang ditemani oleh seorang guide dan kita keluarganya harus mendampingi ikut tawaf dilantai atas diarea khusus untuk kursi roda. Keadaan diatas gak sepadat yang ada dibawah sana sih tapi ya rasanya kurang sreg karena gak berdekatan dengan ka'bah :'( kita memulai tawaf diarea yang terdapat tulisan "start tawaf" kita berkeliling sebanyak 7 kali, gak tau kenapa hati ini bergetar terus, air mata juga gak disuruh eh terus-terusan keluar (inget dosa deh ya allah ampuuuun....) terus-terusan istighfar dan baca doa sapu jagat ketika beres 7 putaran kita sempatkan berhenti sejajar dengan multazam yaitu ditengah-tengah antara hajar aswad dan pintu ka'bah, katanya kalau kita berdoa dengan tulus dan ikhlas disana inyaallah doa kita insyaallah akan diijabah karena doa kita akan sampai tembus kelangit subhanallah.....Aku gunakan kesempatan ini untuk meminta, berdoa dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah aku lakukan dan gak lupa bacain doa titipan sodara dan temen-temen (mereka kompak yee doanya minta jodoh haha). Alhamdulillah tawaf beres dan kita akan melaksanakan Sai di bukit safa dan marwah, menurutku mengelilingi ka'bah sebanyak tujuh kali tidak terasa dan tidak menguras tenaga tapi ya Allah begitu melaksanakan Sa'i ampir-ampiran nyerah deh rasanya kaki ini udah mati rasa saking jauhnya jarak yang ditempuh dan tujuh balikan pula begitu beres kita minum air zam-zam subhanallah adeeeeem banget deh seger hehe dan kita melakukan tahalul atau mencukur rambut, dengan begitu rangkaian kegiatan umrah telah beres. Balik ke hotel, mandi, makan malam dan tidur sekejap, lalu bangun untuk solat subuh di Masjidil haram kembali nah pas bangun udah pesimis nih kaki rasanya udah mau copot  dan pasti bakalan sakit ya minimal keram gitu tapi alhamdulillah bangun dengan keadaan segar bugar hehe..


# Hari-hari berikutnya di Mekah

Kenapa aku langsung bilang hari-hari berikutnya?skip aja ya karena jereng ini mata haha (bukan males nulis loh karena kepanjangan bisa bikin pusing yang liat hehe, Oh iya kalau kita melihat ka'bah kita udah dikasih 20 rahmat oleh Allah SWT loh, meskipun cuman lihat aja nah aku pakai kesempatan ini untuk sering-sering melihat ka'bah. Karena dihari pertama umrah kurang sreg maka aku ikutan umrah sunat dihari kedua dan ambil miqat di Jaronah. Aku khususkan umrah ini untuk meng-umrahkan almarhumah nenekku dari ayah, rasanya bangga dan terharu Alhamdulillah bisa meng-umrahkan nenekku padahal sewaktu aku lahir aku belum sempat bertemu beliau karena keburu dipanggil Allah :'( ayahkupun sampai terharu dan bangga katanya aku dan adikku juga mamahku mau meng-umrahkan nenek dan kakek kami yang sudah duluan dipanggil Allah SWT, umrah sunat ini memang diperuntukan untuk meng-umrahkan keluarga atau kerabat kita yang sudah meninggal. Untuk umrah kedua aku senang sekali karena bisa tawah disekitar ka'bah rasanya terharuuuuuu banget hati ini ikut berkeliling dan menyatu dengan jemaah dari berbagai negara untuk melaksanakan tawaf, aku gak muluk-muluk kepengen nyium hajar aswad karena itu susah banget dan aku kan cewek so ruang untuk bergerakku terbatas tapi alhamdulillah pas ada didekat ka'bah tiba-tiba ada bapak-bapak (dari Indonesia) mempersilahkanku untuk mendekati dan mengecup ka'bah subhanallah perasaan luar biasa ketika bisa melihat ka'bah secara langsung dan aku sempatkan solat dua rakaat di Hijir Ismail. Setelah beres kami semua kembali ke hotel dan melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu tur keliling kota Mekah.




Foto ini diambil setelah tawaf perpisahan atau ketika mau pulang ke tanah air (pakai baju warna bebas gak harus putih lagi). Pas tawaf perpisahan gak usah ditanya deh betapa lebaynya ekeu nangis bombay depan ka'bah (hehe gak apa-apa deh nangis lebay juga karena berat pisah sama tempat ini) :'( dan sempet-sempetnya berdoa semoga nanti bisa kesini lagi sama suami hihi beneran deh kepengen banget kalo udah punya suami terus diajakin "honeymoon" nya kesini, selain dapet pahala hati juga bakalan lebih nyaman dan adem, amiiiiiiiin ;). Selama disini aku gak makeupan kecuali pakai pelembap dan sunblock hehe ya pas hari-hari terakhir mau pulang baru bedakan dll itu rasanya enteng banget wajah gak terkontaminasi sama kosmetik hehehe...

Okeee sekarang saatnya serangan narsis sodara-sodara diharapkan disudahi aja sampai disini bacanya takut-takut geli ngeliat banyak foto narsis sang banci foto seperti ekeuu hahaha...







Peternakan onta yang ke 2, disini nyobain susu onta dan dibilang katanya susu onta bagus buat dipakai maskeran untuk kulit.




Itu aku, mama, ayah dan adikku dijalan setelah daerah jabal magnet ( FYI disebut jabal magnet karena adanya gaya tarik seperti magnet dijalan itu sehingga kendaraan akan terasa berat kalo direm dan banyak yang ngetes dengan botol air mineral disitu ternyata botolnya jalan kaya ada yang narik gitu). Itu gaya aku megang pohon neraka. what?neraka?iya...aku lupa namanya katanya dijelasin kalau pohon dengan penuh duri itu bakalan ada di neraka kelak dan Allah SWT menunjukannya dibumi yaitu ditempat tersebut.) Nah disalah satu gunung/bukit itu kalau kita lihat dari jauh seperti ada tulisan " ALLAH" tetapi kalau semakin dekat tulisan itu berubah menjadi "LILLAH" subhanallah yang artinya ciptaan/buatan ALLAH SWT.




Mesjid Quba, mesjid yang pertama kali dibangun Nabi Muhammad SAW, kisahnya dahulu pada zaman nabi masyarakat setempat meminta Rasul untu tinggal dirumah mereka, dengan bijaksana Rasul berkata supaya adil bukan aku yang akan memilih dimana akan tinggal tetapi untaku, apabila untaku berdiam dan mengeluarkan suara disebuah rumah, maka rumah itulah yang akan aku tempati. Nah tempat tersebut yang kita kenal dengan Mesjid Quba...yaaak kayaknya bakalan bersambung lagi nih karena kepanjangan hehe pokoknya ada banyak banget cerita yang pengen aku share hehe dan untuk sekranag sekian dulu postinganku, dilanjut nanti yaaaa....Selamat malam... ;)








0 comments on "Aline's Diary : Pengalaman Pertama berkunjung ke baitullah Part 3"

 

thefemmesbeaute Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez